MENDALO,- Merespon kebijakan Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Universitas Jambi (Unja) meluncurkan empat aplikasi sebagai bentuk penunjang kampus merdeka dan merdeka belajar, (5/3).

“Empat aplikasi ini hadir sebagai respon atas kebijakan kampus merdeka dan merdeka belajar yang ditujukan untuk menunjang serta memonitor kinerja serta serapan anggaran di Universitas Jambi” Jelas Rektor, Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D.

Keempat aplikasi yang diluncurkan yaitu Paperless Office (PLO), Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG), Website Program Vokasi dan Dashboard Kinerja Rektor. Seluruh aplikasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas kinerja serta mampu tererabolasi dengan baik bagi seluruh unit terkait.

“Salah satu implementasi UNJA SMART adalah perubahan tata kelola birokrasi menuju layanan publik yang unggul. Keempat aplikasi ini harus di optimalkan penggunaannya sehingga investasi yang saat ini kita kerjakan mampu mewujudkan SDM Unggul menuju Indonesia Maju,” tambah Sutrisno.

Dijelaskan Sutrisno, khusus Website Program Vokasi diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk kuliah dijurusan vokasi. Sehingga dengan adanya website ini, seluruh komponen informasi dapat dengan mudah di akses.

“Semua infografis yang tersaji pada laman ini, mempermudah akses yang ingin di dapat oleh calon mahasiswa Program Vokasi,” tambah Sutrisno.

Terkait dengan Dashbor Kinerja Rektor, Sutrisno mengapresiasi diluncurkannya aplikasi ini. Melalui aplikasi ini, Rektor dapat memantau seluruh kinerja pada unit-unit pelaksana teknis yang berada dilingkungan Universitas Jambi.

“Dasbord Kinerja Rektor merupakan sebuah keniscayaan akan adanya perubahan. Seluruh konten yang ada, memudahkan Rektor mengawasi seluruh aktivitas kinerja unit-unit pelaksana dan juga dalam melakukan evaluasi berjenjang,” tukas Sutrisno.

Selain itu, Unja juga saat ini tengah merancang program-program yang selaras dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mengusung program unggulan kampus merdeka dan merdeka belajar.

“Renstra sedang kita siapkan. Mudah-mudahan dalam jangka waktu yang tidak lama lagi, semua selesai. Seluruh kinerja Rektor nantinya akan terintegrasi secara digital kedalam sebuah program yang kita namakan UNJA SMART,” tutup Rektor.

UNJA SMART adalah sebuah program yang akan mewujudkan tata kelola Unja yang baik sehingga diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berdaya saing. Adapun SMART yang dimaksud adalah (S) Student Achievment: Optimalisasi potensi mahasiswa; (M) Manajemen transformasi: Membangun tata kelola Unja yang transformative; (A) Academic Reputation: Membangun kultur akademik yang kondusif; (R) Relevansi dengan dunia kerja dan (T) Teknologi untuk transformasi digital: Optimalisasi pelayanan akademik dan non-akademik secara digital.

Adapun launching keempat aplikasi unggulan tersebut dilaksanakan di Ruang Senat Kampus Mendalo dengan dihadiri oleh para Wakil Rektor, Ketua SPI, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, Kepala Biro, Wakil Dekan, Wakil Direktur Ketua Program Studi, serta para Kasubag dilingkungan Universitas Jambi.

AKBAR KURNIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *